Rabu, 25 Maret 2015

PROJECTOR


    Artomoro Service akan memberikan tips dan trik dalam cara merawat peralatan kantor dan peralatan perbankan. Kami menyediakan jasa servis untuk peralatan kantor dan perbankan, oleh karena itu kami sangat mengerti akan kebutuhan yang dibutuhkan untuk peralatan kantor dan perbankan.




PENGERTIAN PROJECTOR

Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Mengapa projector ? Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, projector memiliki beberapa kelebihan seperti, dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.






FUNGSI PROJECTOR


1. Sebagai Alat Presentasi
Projector dapat membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis dan atraktif.

2. Sebagai Pemutar Video (Home Theater)
Dengan Projector kita dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi.

3. Sebagai Media Informasi
Karena Projector dapat menampilkan tampilan dengan layar besar, maka projector sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.




Cara Merawat Proyektor Yang Benar 

Proyektor merupakan barang elektronik yang cukup mahal dan tentu Anda tidak ingin proyektor yang Anda baru beli cepat rusak. Terdapat beberapa jenis kerusakan proyektor yang tidak akan ditanggung oleh garansi manufaktur, oleh sebab itu penting bagi Anda untuk merawat proyektor dengan baik. Berikut Dealharga berikan beberapa tips untuk mewarat proyektor dengan benar. 


Baca petunjuk proyektor 

Setiap kali Anda membeli proyektor baru, jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu membaca buku petunjuk penggunaannya. Setiap proyektor memiliki keunikannya masing-masing, sehingga buku manual berfungsi untuk menunjukkan penggunaan proyektor dengan benar dan membuat Anda menjadi familiar dengan proyektor tersebut. Di dalamnya juga terdapat beberapa tips perawatan sesuai model proyektor yang Anda gunakan. 


Perhatikan tempat Anda memasang proyektor 

Sebelum Anda memasang proyektor di tempat yang diinginkan, pastikan Anda membaca rekomendasi tempat dari manufaktur. Pemasangan proyektor di tempat yang salah akan membuat proyektor menjadi cepat rusak. Jika Anda ingin memasang proyektor disarankan untuk memberikan ruang ventilasi yang cukup, paling tidak 2 meter supaya panas dalam proyektor dapat dengan cepat menghilang. 

Anda juga perlu memperhatikan suhu proyektor ketika sedang beroperasi. Jangan tempatkan proyektor di jalur sinar matahari atau di dekat sumber panas. Jika Anda memasang proyektor di langit-langit, pastikan proyektor tidak berada langsung di ventilasi panas atau pendingin udara. Kerusakan jangka panjang pada proyektor dapat terjadi jika mengoperasikan proyektor dibawah suhu 40 derajat Fahrenheit atau diatas 90 derajat Fahrenheit. 


Menyimpan dan memindahkan proyektor 

Ketika Anda membeli proyektor baru, jangan buang kemasannya untuk berjaga-jaga jika kedepannya Anda ingin memindahkan proyektor ke tempat lain. Mengemas proyektor menggunakan kotak lain jauh lebih beresiko dibanding menggunakan kemasan asli proyektor yang memiliki Styrofoam yang didesain khusus untuk melindungi proyektor. 

Jangan meninggalkan proyektor dalam mobil atau kargo terlalu lama karena suhu ekstrim dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang. Jika Anda berniat untuk menggrimkan proyektor, pastikan Anda mengasuransinya untuk mencegah kerusakan dalam perjalanan. 


Bersihkan filter proyektor 

Panas yang dihasilkan oleh proyektor harus disalurkan untuk mengecah panas berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan pada lampu proyektor. Semua proyektor pasti memiliki filter yang berfungsi sebagai penyaring udara sebelum mendingkan proyektor. Pastikan filter pada proyektor dapat berfunfsi dengan baik. Jika filer proyektor dipenuhi oleh tumpukan debu, maka akan menghambat pertukaran udara dan akan menyebabkan panas yang dapat merusak bagian-bagian internal proyektor, seperti panel LCD dan lensa proyektor. Debu proyektor yang menumpuk bahkan dapat mengurangi kualitas gambar yang diproyeksikan. Anda perlu membersihkan filter proyektor secara rutin menggunakan vacuum cleaner yang di desain khusus untuk komputer atau peralatan lain yang dapat membersihkan debu dari peralatan elektronik. 


Bersihkan kabinet proyektor 

Kabinet proyektor adalah area dimana filter berada. Sebelum Anda memasukan filter bersih atau pengganti filter, pastikan Anda telah membersihkan debu dan kotoran yang terdapat pada kabinet proyektor. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner yang Anda gunakan untuk membersihkan filter proyektor. Jika cabinet proyektor sangat kotor, Anda dapat menggunakan deterjen ringan, tapi jangan gunakan bahan kimia berat dan pelarut seperti alkohol dan thinner. 


Bersihkan lensa proyektor 

Untuk memastikan proyeksi yang dihasilkan proyektor maksimal, Anda harus membersihkan lensa proyektor secara rutin, paling tidak sebulan sekali. Anda dapat membersihkan debu dan kotoran pada lensa proyektor menggunakan larutan pembersih lensa non-abrasif yang digunakan untuk membersihkan lensa fotografi. Hindari penggunaan cairan pembersih lensa yang berlebihan dan jangan langsung menggunakan cairan pembersih lensa ke lensa proyektor. Semprotkan cairan ke kain bersih, kemudian usapkan secara lembut dengan gerakan melingkar. Segera tutup lensa dengan penutup lensa jika Anda tidak berniat untuk menggunakan proyektor. Jangan menggunakan bahan kimia pembersih yang keras untuk membersihkan proyektor karena dapat merusak lensa proyektor. 


Perhatikan lampu proyektor 

Lampu proyektor merupakan bagian yang paling penting dan paling mahal dalam proyektor. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memerhatikannya dengan benar.





0 komentar:

Posting Komentar