Senin, 15 September 2014

TIPS AND TRIK CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN PRINTER

     Artomoro Service akan memberikan tips dan trik dalam cara merawat peralatan kantor dan peralatan perbankan. Kami menyediakan jasa servis untuk peralatan kantor dan perbankan, oleh karena itu kami sangat mengerti akan kebutuhan yang dibutuhkan untuk peralatan kantor dan perbankan.

CARA MEMBERSIHKAN PRINTER
    Maka yang perlu Anda lakukan adalah basahi lembaran tersebut dengan larutan, kemudian jalankan printer untuk mencetak di atasnya (tanpa dengan pita) seraya untuk mengujinya. Dimana larutan tadi untuk melarutkan sisa-sisa tinta yang kering, kemudian diserap oleh lembaran tersebut. Atau bisa Anda lakukan cara lain dengan memakai cartridge pembersih khusus yang disisipkan sebagai pengganti. Di samping itu Anda juga perlu membersihkan platen (silinder karet) untuk menghilangkan tinta yang tersisa saat kertas telah dicetak. Perfect Data merupakan pembersih khusus dengan sikat cetakan, dimana ia berguna untuk membersihkan platen yang terkena tinta. Namun bantalan yang melindungi larutan juga dapat dipakai untuk membersihkan bagian luar dari platen tersebut. Jika ada bagian printer yang tidak mampu bergerak dengan bebas, maka pakailah minyak pelumas mesin (dengan catatan simak buku petunjuk printer yang Anda pakai).
   
      Kebanyakan printer memakai bantalan poros yang dirancang untuk tidak memerlukan pelumasan. Jika kotoran atau debu kertas telah mengotorinya, maka setitik minyak diperlukan untuk membersihkannya. Jika Anda memerlukan pelumas, disarankan menggunakan seminimal mungkin. Setelah Anda selesai membersihkannya maka pasanglah pita atau cartridge tinta yang baru. Lakukanlah pengujian printer untuk mengecek, agar mutu cetaknya memuaskan.Kebanyakan printer mempunyai ketentuan pengendali jarak antara kepala cetak dan platen.Untuk meminimalkan keausan maka lakukan cara dengan mengatur sampai spasi maksimum yang memberikan mutu cetakan yang bagus.Dari kegiatan di atas maka bersihkan tutup printer memakai kain halus dan larutan detergent kemudian pasanglah kembali.


Sumber: (http://ihsanhidayat.blogspot.com/2009/12/cara-membersihkan-printer.html)

    
CARA MERAWAT PRINTER   
   
    Cartridge Jangan Kosong, jangan biarkan cartridge sampai benar-benar kosong, segera isi ulang jika tinta di dalam cartridge mulai kosong. Tips ini berlaku untuk yang menggunakan tinta isi ulang.
    Jangan Ganti Merek Tinta, gunakan tinta dengan merek yang sama dengan tinta yang digunakan sebelumnya. Dan jika memang berniat menggunakan merek baru, pastikan cartridge benar-benar kosong barulah mengisikan tinta dengan merek baru. Gonta-ganti merek tinta, dapat menyebabkan tinta menggumpal di head.
    Jangan Sentuh PIN CMOS, jangan sekali-sekali menyentuh pin cmos, karena pin ini rusak jika terkena listrik static dari tubuh kita. Jika benar-benar diperhatikan, pin ini sudah diberi tanda tangan yang di silang, yang artinya tidak boleh disentuh.
    Tutupi Printer, Tutupi printer dengan kain, tapi jangan menutupnya terlalu rapat, karena menutup rapat tanpa didukung pencegah udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
    Matikan Sesuai Aturan, matikan printer sesuai dengan aturan, yaitu menekan tombol off barulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik. Jangan langsung mencabut kabel listriknya, jika hal ini sering dilakukan, maka BIOS komputer bisa error, lebih parahnya BIOS rusak secara fisik. Bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung, posisi head printer saat itu mungkin belum pada posisi yang seharusnya. Akibatnya, tinta mengendap dan mengering pada head.
    Jangan Langusung Matikan Setelah Mencetak, Jika printer sering digunakan jangan langsung matikan printer setiap kali habis mencetak. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak.Setiap kita menyalakan printer, ada penghitung yang menambahkan jumlah cetak. Bayangkan selama 8 jam kita mematikan dan menyalakan printer 10-20x. Bisa-bisa kita diminta untuk mereset penghitung yang ada pada BIOS printer.
    Jika Tidak Diperlukan Jangan Mencetak Gambar Yang Pekat, usahakan jangan terlalu sering mencetak gambar yang pekat, seperti kotak hitam ataupun font dengan ukuran besar. Karena hal ini dapat membebani kerja head, yang dampaknya akan memperpendek umur head printer kita.
    Jangan Mencetak Dengan Kertas Rusak/Kotor, Saat mencetak, selalu gunakan kertas yang masih layak digunakan ( tidak lecek ), kenapa? Ya karena kertas lecek bisa tersangkut, atau sering kita dengar dengan istilah “paper jam”. Pastikan juga kertas yang kita gunakan adalah kertas yang bersih, karena jika kertas kotor, kotoran tersebut dapat menempel di head printer, yang menyebabkan tinta menjadi macet.

Sumber: (http://www.cihuii.com/2011/01/tips-merawat-printer.php)
          
Alat – alat yang dibutuhkan:
               1.     Cairan pembersih khusus buat produk plastik.
               2.     Air bersih.
               3.     Kain pembersih.
               4.     Kertas.
               5.     Sikat gigi halus.

           Langkah-langkah membersihkan printer:

    Buka tutup printer, periksalah bagian dalamnya.
    Carilah alat penyerap sisa tinta. Letaknya di bagian dasar printer, sebelah kanan.
    Pakailah sarung tangan, keluarkan penyerap tinta tersebut pelan-pelan. Jika terdengar suara sentakan, keluarkanlah perlahan-lahan.
    Bersihkan penyerap tinta tersebut memakai tisu atau kain pembersih. Letakkan
    Penyerap tinta diatas selambar koran bekas agar tidak mengotori  lantai/meja.
    Periksalah printer. Di bagian yang sama, yaitu bagian kanan bawah masih ada penyerap tinta yang lain. Lepaskan mur dan bautnya dari bagian yang terbuat dari plastik.
    Cucilah penyerap tinta sampai bersih, kemudian keringkan. Proses pengeringan ini memakan waktu kurang lebih sehari penuh.
    Gantilah bantalan penyerap tinta dan sponnya. Rangkailah kembali bagian-bagian tersebut.. Kini printer Anda sudah siap digunakan.


Sumber: (http://www.beritanews.com/Indonesia/Printer-Canon-Pixma-ip1000.html)
    Printer Jangan Nganggur, jangan sampai printer kita tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Paling tidak, dua hari sekali printer digunakan untuk mencetak, tidak hanya warna hitam, tapi semua warna. Hal ini dilakukan untuk mencegak tinta mengering dan menggumpal di head printer.
Bersihkan Printer, agar umur printer lebih panjang, tentunya kita harus rajin-rajin membersihkannya, bersihkan bodi printer yang kotor dengan kuas atau kain. Khusus untuk bagian dalam, gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela yang sulit di jangkau. Inget, kondisi printer harus mati saat kita membersihkannya.
    Hal lain yang perlu Anda perhatikan, bahwa jika Anda dapat membersihkan 'head' cetak dot-matrix atau daisywheel memakai sarana khusus, seperti yang diproduksi oleh Perfect Data. Sarana tersebut terdiri dari selembar pembersih yang dimasukkan melalui printer yang seakan-akan berupa kertas dan larutan pembersih.


0 komentar:

Posting Komentar